Hubungan sosial di era digital (part 1)

Transisi antara 13-24 November 2007

11.5x WIB

Mencoba mencari sisa-sisa inspirasi di tengah dekatnya deadline tugas metlit... Hehehehe...
Tiba-tiba kepikiran tentang satu topik, ya walaupun juga ga nyambung banget tapi setidaknya bisa didiskusikan dan bisa mendapat banyak masukan sebelum direalisasikan.

Trend yang berkembang sekarang, yang merupakan era digital--meskipun pendapat ini ga benar sepenuhnya, ditandai dengan perkembangan pesat teknologi komunikasi di dunia. Teknologi komunikasi dari yang tradisional, telepon rumah, kemudian bergerak ke perangkat yang menggurita di seluruh dunia; ponsel, internet, dll. semakin membuat jarak semakin kecil dalam komunikasi antarmanusia.

dua alat yang disebut terakhir membuat perubahan dalam kehidupan manusia (ponsel dan internet). Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jarak menjadi semakin kecil, dan kemudian hubungan antarmanusia akan terjadi semakin intens (dalam satuan waktu), karena tidak diperlukan tatap muka dan bicara langsung untuk memulai interaksi.

lantas bagaimana jika gejalanya sudah mengglobal pada beberapa aspek kegiatan. Sebut saja pekerjaan; dengan teknologi komunikasi sekarang, bukan tidak mungkin pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dan dengan menggunakan jaringan internet semuanya akan dikomunikasikan kepada pihak lainnya dalam segera. Keperluan koordinasi, gampang. tinggal tekan no ponsel tujuan, dan bles... kemudian koordinasi bsia dilakukan saat itu juga. DAn bisa jadi di masa depan akan ada teknologi hologram (Jadi ingat RE-Extinction), yang memungkinkan manusia untuk bisa berkoordinasi tanpa perlu secara fisik hadir pada saat bersamaan.

Maka bisa dipastikan dengan perkembangan komunikasi yg begitu pesat, semuanya akan berubah... Kebayang kalo kita nantinya tidak lagi akan keluar dari tempat tinggal kita karena semuanya sudah bisa tersedia tanpa harus keluar dari rumah, ke pasar, ke kantor, dsb, karena semuanya sudah bisa disediakan sendiri di tempat kediaman kita. Bahkan untuk berbicara kepada rekan-rekan dekat kita akan mudah dilakukan dengan teknologi yang ada pada saat itu...

Lantas bagaimana dengan hubungan sosial manusia yang ada saat itu?

Bersambung ntar ya....




Comments

Popular posts from this blog

Apa Rasanya.?

Surat untuk dia...

Hubungan Sosial di Era Digital (part 4)