Teknologi kehidupan manusia merupakan pengulangan peradaban

Dimulai dari sebuah pertanyaan singkat? Tapi susah di jawab dan butuh waktu berpikir panjang sebelum benar-benar dijawab, atau bahkan kita tidak yakin dengan jawaban yang kita berikan atas pertanyaan tersebut. Pertanyaannya adalah : dimanakah batas imajinasi manusia? atau lebih singkat, Apakah imajinasi manusia terbatas? Kalo terbatas, apa pembatasnya? Kalo tidak terbatas, ya gitu deh...

Berarti kalo terbatas, ada sebuah titik temu antara pemikiran manusia pada masa sekarang dengan masa lalu (baca: ancient civilization, atau Indonesianya, peradaban kuno). Contohnya: Manusia lalu dan sekarang sama-sama pernah berkhayal bisa terbang, sama-sama berkhayal bisa menyelam lautan, dan sama-sama berpikir tentang energi listrik, Ingat contoh ini tidak merupakan representasi terhadap pemikiran-pemikiran antargenerasi tersebut.

Nah lho, trus apa maksudnya? Kalo emang imajinasi mereka sama?

Asumsi pertama... manusia akan digerakkan oleh kekuatan mimpi-mimpinya, imajinasi, keinginan, cita-cita, dll.
Asumsi kedua... asumsi pertama benar, hehehehe ga penting yak

Oke,,, berarti asumsi tadi benar, maka dalam perkembangan teknologi manusia sebenarnya berangkat dari imajinasi yang sama, dan cita-cita yang sama, meskipun akan berbeda dalam bentuk, metode pencapaian, dan cara bekerja yang terbatas pada waktu dan ruang masa itu, tergantung di zaman apa dia hidup. Nah kalo sudah begini isinya, maka bisa jadi teknologi yang dicapai pada masa sekarang oleh manusia, sebenarnya sudah pernah dicapai, pernah diteliti, atau bahkan lebih hebat dibuat pada masa/zaman sebelumnya. Misalnya, bisa jadi kalo listrik sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu, pesawat, sudah ada sejak jutaan tahun lalu, dll.

contoh kasus:
Artifak di kuil Abydoss, yang menggambarkan helikopter, pesawat terbang, dan kapal selam. Terlepas dari adanya teori bahwa hal tersebut merupakan hasil dari proses alam (ga tahu euy istilahnya apa... lupa euy, cari aja di internet) Trus Baghdad Battery (ini juga situsnya lupa ada di mana, tapi intinya menceritakan tentang sel penghasil listrik sederhana), menggambarkan teknologi yg dicapai pada manusia di masa lampau, yang ternyata diinformasikan baru diketemukan pada abad ke 19 atau 20 sekarang ini. (For further information, cari aja lewat google.com).







Keterangan gambar : sumber http://timstouse.com, menggambarkan situs artifak Abydos, dan relief pada artifak tersebut (gambar kiri)


Kesimpulan sementaranya berarti teknologi yang dicapai saat ini merupakan pengulangan yang ada sejak masa lampau (ancient age); Pertanyaannya kemudian adalah mengapa di setiap zaman malah muncul teori-teori baru--yang jadi dasar dalam penemuan teknologi; padahal bisa jadi teori-teori itu sudah ada sejak zaman lampau...

Atau mungkin, dalam setiap siklus waktu...
Ada penghancuran total peradaban, dan pembentukan generasi baru yang benar-benar "bebas" dari peradaban sebelumnya?

Hehehehehe...
That's just my imagination..

--Kul Tapak--
14 November 2007

Comments

Popular posts from this blog

Apa Rasanya.?

Surat untuk dia...

Hubungan Sosial di Era Digital (part 4)