Hubungan Sosial di Era Digital (part 4)

Hahaha... akhirnya nulis lagi sekuel ini.

Iseng, sambil ngerjain skripsi.... (halah... macam betol aja kou ni jan...?), buka and maen kuis2 di fesbuk... Intinya banyak kuis2 yg beredar di situs jejaring sosial itu, yg menggambarkan pribadi kita, mulai sekedar sifat, karakter, hobi, dan hal2 dangkal ttg lo (emang ga kenal diri sendiri apa... ehhehehhe) sampe ke hal2 aneh lainnya (siapa sih lo di masa lalu, atau siapa si artis yg mirip kaya lo, apa mobil yg cocok buat lo, ampe bahkan kapan lo dan kenapa lo mati bisa dibahas...). But, Even just for fun... Tetep aja, hal itu adalah bagian dari pencitraan dan pengenalan diri kita di dunia maya yg emang jarang dilakukan lewat komunikasi langsung dan tatap mata.

Yg menarik...terakhir gw ikutin kuis "Lo orang yg romantis ga seh?", menjawab pertanyaan2 yg diajukan, hasil akhir yg gw dapet adalah "Cupid Brother and Sister of Aphrodite".Ga tahu apa maksudnya... tapi yg pasti katanya... Lo tu romantis banget... dan banyak orang tertarik sama lo... Men... Maksudnya apa ne? Gw ngerasa ga segitunya kok... Hahahahha....

Tenang2, topik kali ini gw ga akan membahas kenarcisan gw atas hasil kuis yg menyatakan GW ROMANTIS. Tapi banyak kuis2 lainnya di Situs jejaring sosial tersebut, yg pertanyaan2nya menceritakan kondisi faktual dari psikologi lo, sikap yg lo ambil, atau terkadang prinsip yg lo pegang.

Dan semua aggregat jawaban kemudian diolah, menjadi sebuah karakter, kondisi, sifat, dan hal lainnya yg berhubungan dengan diri lo. Ini kemudian lo publish di PAGE PROFILE lo, dan diliat semua orang dunia maya tersebut. Kemudian tercitrakan... ITulah lo, dan itulah karakter lo.

Tapi ga semua orang senatural itu ngejawab semua kuis2 itu... Ga semua orang akan dengan gampangnya menjawab semuanya sesuai kondisi faktualnya.

Dan bisa aja kan... Lo liat2 pertanyaan yg ada, kemudian dengan sedikit "kecerdasan" lo, dengan pertanyaan2 psikologis macam itu, lo akan memanipulasi jawaban, dan pada akhirnya akan muncul juga "karakter manipulasi" diri lo bagi semua orang di jejaring sosial tersebut... Mana lebih gampangnya lagi, kuis bisa diulang beberapa kali, dan hasil sebelumnya bisa dihapus dengan gampang dari PAGE PROFILEnya...

Ga ada yg bisa jamin kan...
Kalo di dunia maya macam Facebook, apa yg dikenalkan orang adalah dirinya sendiri???

Salah satu lagi celah hubungan sosial di Era digital...

--The end of 4th part--
Kosan Goest

Comments

Popular posts from this blog

Apa Rasanya.?

Surat untuk dia...