Hidup Dalam Gelap

Gw tulis awalnya, waktu Listrik di Ngopi Doeloe... dan tiba2 lstrik padam... Gelap semuanya...

Kebayang ga yak... Kalo di kota modern saat ini, tiba2 kita hidup dalam gelap selama sekitar 1 bulan aja? Sebenarnya ni terinspirasi saat ini waktu gw lagi on line di Ngopi Doeloe trus lampunya mati gara2 listrik ga jalan sama sekali. Hahahaha!!!

Seminggu tanpa listrik? Satu kota? C'mon guys... What would happen next? Hahahaha... Yg pasti aktivitas manusia bisa jadi ga jalan sama sekali. Coba aja lo liat2 dari mulai bangun pagi ampe begadang lagi ke besok paginya lo pake listrik semuanya kan?

Bangun pagi... lo pasti udah ke ruang tengah ngidupin TV, nonton berita or sekedar gosip apa yg anget minggu ini,,, atau kemudian ngecheck kalo batere HP lo udah kritis banget dan segera nyari colokan sebelum pacar lo sms pagi ini nanyain ntar sore enaknya jalan ke mana... Lagi enak2 nonton TV, perut lo bunyi ga keruan, tandanya lo lapar banget, waktu lo check jam dinding lo udah pukul 09.15... Akhirnya dengan bergegas lo menuju ke dapur, tepatnya lemari es, buat ngecheck makanan instan lo masi aman dan tersimpan rapi sebelum lo masukin ke dalam microwave buat memprosesnya...

Enak2an lo nonton TV ampe ketiduran lagi, jam 11 udah lewat. Buru2 lo masuk kamar mandi... tp karena badan lo ga gerak jadi amat sangat dingin rasanya tidur di ruang tengah yg ber AC... Lo putusin buat nyalain pemanas air yg ada di pojok kanan dinding kamar mandi lo... dan mandi dengan nikmat... Wuih,,, gw seger lagi abis mandi ne, and ready to do my activity today!!!

Abis mandi, beres2, jam 1 an lebih. Lo langsung ke ruang belajar (itu juga kalo lo punya...), langsung ngeluarin laptop lo dari dalam tas ransel yg ampir lo bawa2 dalam setengah umur lo itu. Ngecheck, dan kemudian berteriak... "Wa... baterenya cuma tinggal 10 %, gw harus ngecharge ne..." Dan akhirnya lo colokin dah adaptor seberat kurang dari 800 gr itu untuk nambahin kekuatan laptop lo bertahan lebih lama.

Dan akhirnya sampe lo begadang ke besok paginya. Listrik selalu jadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan kita. Steker listrik, batere Laptop dan HP, Aki motor dan mobil, semuanya jadi bagian inheren dalam aktivitas keseharian kita. Tak kan pernah bisa lepas sama sekali.

Tpi coba bayangin kalo tiba2 listrik ga ada. Dalam hal ini coba aja listrik yg kita gunakan dipadamkan oleh PLN selama 3 hari aja, di kota tmpat tinggal kita...

HP lo ga bakalan nyala dan ga ada sms atau telp dari orang2 yg lo sayang... atau lo ga bisa buat janji dan kesepakatan untuk kerjaan dan urusan lo...

TV, radio, dan internet ga akan bisa lo akses, atau sebagian juga pesawat telepon g bisa digunakan sama sekali...

Ga akan ada air mandi hangat, panas, yg ada cuma air dingin dari pagi ampe pagi...

Laptop lo jga ga bisa digunain, batere abis dan ga akan bisa terisi kembali

Lo idup dengan lilin, semprong, lampu senter, dll ketika malam datang

Semua gelap... Semua hitam...

Dan
apa lo, gw, kita semua...
mampu bertahan 3 hari aja
tanpa listrik?

--Di kosan Faruk gw selesaiin--
23 Feb 09
10:19 a.m

Comments

Popular posts from this blog

Apa Rasanya.?

Surat untuk dia...

Hubungan Sosial di Era Digital (part 4)